Dilema Mahasiswa Semester “Akhir”

8 May

ada yang bilang kalo ngerjain skripsi itu sulit, ngebetein, kalo ga mood mending ga usah ngerjain. ada juga yang bilang kalo mahasiswa semester atas itu kerjaannya cuma satu. “ngintilin dosen” 

yahh beberapa faktor eksternal yang amat penting dalam pengerjaan skripsi adalah (1) dosen pembimbing dan (2) diri kita sendiri. ada yang dapet dosen pembimbing yang baek, selalu tersedia buat mahasiswa bimbingannya dan ga suka marah2 kalo mahasiswa bimbingannya bikin ulah. ada juga yang dapet dosen pembimbing yang baek, tapi susah ketemunya, ada yang dapet dosen baek tapi ga maksimal ngoreksinya, ada yang dapet dosen yang udah sibuk, perfectionist, terus galak pula . ya mecem-macem lah tipe dosen pembimbing skripsi. haha…

tapi yang ga kalah penting perannya adalah eng ing eeeng…ya diri kita sendiri  apa gunanya dapet dosen pembimbing yang baek, mau nyempetin waktu buat mahasiswa, total dalam ngoreksi skripsi plus ramah kalo kitanya males-malesan ngerjain skripsi. katanya aja mau kejer target secepatnya, tapi kerjaannya malah maen terus. ya kapan selesainya??? * (agak curhat ini😛 )

ok, di sini ane mau sedikit share tentang tips menghadapi ke-struggle-an ane menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir. mungkin tips ini gonna be work buat beberapa tipe manusia yang rada mirip-mirip ane  ok, lanjuuut…

pertama yang harus anda lakukan pada saat pertama kali akan menulis skripsi adalah pastikan bahwa judul yang anda akan bahas adalah benar-benar merupaka passion anda. jadi misal, ane sukanya Linguistik, jadi milih judul yang memang ada sangkut pautnya dengan bidang itu. tujuannya adalah… agar pas ngerjain skripsi, kalian ga ngerasa bosan dan terbebani.. tj-bob9.gif

ok, yang kedua, setelah judul udah di acc. langkah pertama dalam penulisan proposal skrpsi ataupun BAB I, II, III adalah buat kerangka penulisan. ga cuma cerpen lho yang butuh kerangka karangan…tapi skripsi juga… gunanya adalah untuk mempermudah pemetaan ide kalian..biar nanti ketika sudah mulai mengetik, kalian ga kebingungan lagi harus nulis apa, karena pokok-pokok bahasan udah ada di kerangka karangan. tulis kerangka karangan selengkap mungkin, sesuai dengan apa yang ada dalam otak anda pada saat itu. selain untuk memudahkan proses penulisan skripsi, kerangaka karangan juga dapat membantu anda ketika ada kepentingan lain yang harus diurus selain skripsi. dan terpaksa harus menunda pengerjaan skripsi anda. dengan adanya kerangka karangan, ide-ide yg sudah ada tetap tersimpan dalam buku catatan anda, dan ketika anda lupa, dengan menilik kembali buku catatan anda, anda dapat kembali mengerjakan skripsi tanpa harus mencari ide ulang tentang apa yang akan kalian tulis. 

selanjutnya, perhatikan kutipan-kutipan. baik kutipan langsung maupun tidak langsuh harus disertai dengan komentar anda. jangan hanya asal copas dari buku😛 untuk penulisan karya tulis ilmiah yang baik, semua teori harus diambil dari ahlinya. jadi penulis hanya dapat menyimpulkan metode dari peneliti-peneliti yg sudah ada sebelumnya. itulah sebabnya mengapa ada yang bilang kalo “tiap paragraf harus ada kutipannya.” kalo kalian mengaplikasikan cara ini, yakin deh…ga ada dosen yang bilang salah. 

ok, next step adalah selalu tulis daftar pustaka dari buku-buku referensi yang kalian pakai dalam penulisan skripsi langsung setelah menulis kutipan buku itu dalam skripsi kalian. hal yang sering terjadi adalah, mahasiswa terlalu asik menulis skripsi ampe lupa buku referensi yang dipake apa aja..

langkah selanjutnya adalah, selalu anggap kritikan dan saran dari dosen pembimbing skripsi itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik. pada dasarnya ga ada dosen pembimbing yang mau mahasiswanya jadi mahasiswa abadi, ampe2 bimbingan ama beliau juga ga kelar2 tj-bob4.gif adapun kritikan-kritikan itu diberikan, agar mahasiswa bisa memperbaikinya lebih baik dan ga “kebantai” nanti pas ujian… jangan sepelekan coretan-coratan dosen dalam skripsi kita ok tj-bob9.gif

o iya.. yang ga kalah penting adalah buat kalender pengerjaan skripsimu, biar progress tiap harinya kelihatan. kalender skripsi juga bisa membantu mengingatkan kita ketika sudah mulai terlena dengan zona nyaman kita dan malah melupakan yang penting.

ketika sudah masuk ke tahap penelitian, cobalah prediksi waktu-waktu yang tepat untuk mengurus data pada pihak-pihak terkait. hal ini dilakukan, untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin dapat terjadi.  misal, ketika harus melakukan penelitian di sekolah, dan waktu yang diambil adalah waktu yang mendekati waktu ujian sekolah, jika hal ini terjadi, maka mau ga mau anda harus menunda penelitian untuk beberapa waktu.

setelau masa penelitian usai, ini adalah masa-masa dimana ada dua kemungkinan yang akan terjadi, pertama anda merasa aman hingga “nyantai” dan yang kedua adalah merasakan bahwa sudah saatnya mengejar wisuda. tinggal yang mana yang akan kalian pilih.

jika kalian merasa kurang termotivasi, coba ingat orang tua yang sudah susah payah membiayai kuliah, ingat orang tua yang semakin hari semakin tua dan membutuhkan kita untuk menggatikan mereka mencari nafkah, ingat harapan-harapan orang tua pada kita…

tapi tetap, motivasi terbaik adalah diri kita sendiri. selama kita yakin, pasti kita bisa. BERUSAHA dan BERDO’A

IT WILL NEVER BE POSSIBLE IF YOU NEVER TRY 

selamat mengerjakan skripsi kawan… semangat!!!

Dilema Mahasiswa Semester Akhir

8 May

ada yang bilang kalo ngerjain skripsi itu sulit, ngebetein, kalo ga mood mending ga usah ngerjain. ada juga yang bilang kalo mahasiswa semester atas itu kerjaannya cuma satu. “ngintilin dosen”  yahh beberapa faktor eksternal yang amat penting dalam pengerjaan skripsi adalah (1) dosen pembimbing dan (2) diri kita sendiri. ada yang dapet dosen pembimbing yang baek, selalu tersedia buat mahasiswa bimbingannya dan ga suka marah2 kalo mahasiswa bimbingannya bikin ulah. ada juga yang dapet dosen pembimbing yang baek, tapi susah ketemunya, ada yang dapet dosen baek tapi ga maksimal ngoreksinya, ada yang dapet dosen yang udah sibuk, perfectionist, terus galak pula . ya mecem-macem lah tipe dosen pembimbing skripsi. haha…  tapi yang ga kalah penting perannya adalah eng ing eeeng…ya diri kita sendiri  apa gunanya dapet dosen pembimbing yang baek, mau nyempetin waktu buat mahasiswa, total dalam ngoreksi skripsi plus ramah kalo kitanya males-malesan ngerjain skripsi. katanya aja mau kejer target secepatnya, tapi kerjaannya malah maen terus. ya kapan selesainya??? * (agak curhat ini😛 ) ok, di sini ane mau sedikit share tentang tips menghadapi ke-struggle-an ane menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir. mungkin tips ini gonna be work buat beberapa tipe manusia yang rada mirip-mirip ane  ok, lanjuuut… pertama yang harus anda lakukan pada saat pertama kali akan menulis skripsi adalah pastikan bahwa judul yang anda akan bahas adalah benar-benar merupaka passion anda. jadi misal, ane sukanya Linguistik, jadi milih judul yang memang ada sangkut pautnya dengan bidang itu. tujuannya adalah… agar pas ngerjain skripsi, kalian ga ngerasa bosan dan terbebani.. tj-bob9.gif ok, yang kedua, setelah judul udah di acc. langkah pertama dalam penulisan proposal skrpsi ataupun BAB I, II, III adalah buat kerangka penulisan. ga cuma cerpen lho yang butuh kerangka karangan…tapi skripsi juga… gunanya adalah untuk mempermudah pemetaan ide kalian..biar nanti ketika sudah mulai mengetik, kalian ga kebingungan lagi harus nulis apa, karena pokok-pokok bahasan udah ada di kerangka karangan. tulis kerangka karangan selengkap mungkin, sesuai dengan apa yang ada dalam otak anda pada saat itu. selain untuk memudahkan proses penulisan skripsi, kerangaka karangan juga dapat membantu anda ketika ada kepentingan lain yang harus diurus selain skripsi. dan terpaksa harus menunda pengerjaan skripsi anda. dengan adanya kerangka karangan, ide-ide yg sudah ada tetap tersimpan dalam buku catatan anda, dan ketika anda lupa, dengan menilik kembali buku catatan anda, anda dapat kembali mengerjakan skripsi tanpa harus mencari ide ulang tentang apa yang akan kalian tulis.  selanjutnya, perhatikan kutipan-kutipan. baik kutipan langsung maupun tidak langsuh harus disertai dengan komentar anda. jangan hanya asal copas dari buku😛 untuk penulisan karya tulis ilmiah yang baik, semua teori harus diambil dari ahlinya. jadi penulis hanya dapat menyimpulkan metode dari peneliti-peneliti yg sudah ada sebelumnya. itulah sebabnya mengapa ada yang bilang kalo “tiap paragraf harus ada kutipannya.” kalo kalian mengaplikasikan cara ini, yakin deh…ga ada dosen yang bilang salah.  ok, next step adalah selalu tulis daftar pustaka dari buku-buku referensi yang kalian pakai dalam penulisan skripsi langsung setelah menulis kutipan buku itu dalam skripsi kalian. hal yang sering terjadi adalah, mahasiswa terlalu asik menulis skripsi ampe lupa buku referensi yang dipake apa aja.. langkah selanjutnya adalah, selalu anggap kritikan dan saran dari dosen pembimbing skripsi itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik. pada dasarnya ga ada dosen pembimbing yang mau mahasiswanya jadi mahasiswa abadi, ampe2 bimbingan ama beliau juga ga kelar2 tj-bob4.gif adapun kritikan-kritikan itu diberikan, agar mahasiswa bisa memperbaikinya lebih baik dan ga “kebantai” nanti pas ujian… jangan sepelekan coretan-coratan dosen dalam skripsi kita ok tj-bob9.gif o iya.. yang ga kalah penting adalah buat kalender pengerjaan skripsimu, biar progress tiap harinya kelihatan. kalender skripsi juga bisa membantu mengingatkan kita ketika sudah mulai terlena dengan zona nyaman kita dan malah melupakan yang penting.

dalam pengerjaan BAB IV, kamu harus memastikan bahwa tanggal pengerjaan penelitian kamu tepat, sehingga dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin ada. misal, penelitian deket-deket tanggal ujian sekolah. kalo kamu kejebak dalam kondisi ini, kamu mau ga mau harus nunda penelitian kamu untuk beberapa waktu. so, pinter-pinter prediksi waktu ya…

setelah itu adalah masa dimana kamu ingin segera menyelesaikan skripsi kamu. karena penelitian sudah selesai dan tugas yang tertinggal hanya mengetik pembahasan di BAB IV dan bikin kesimpulan di BAB V. disaat inilah semangat kalian ga boleh goyah.. 

kalo kalian ngerasa ga cukup termotivasi, coba inget-inget orang tua di rumah yang udah susah payang ngebiayain kalian kuliah…inget orang tua kalian yang semakin hari semakin tua dan buth kita untuk menggantikan mereka mencari nafkah…inget harapan-harapan orang tua buat kita… ingat perjuangan-perjuangan orang-orang yang kita sayangi… insya Allah itu sudah cukup memotivasi kalian. .

inget… it wil never be possible if you never try to do it!!!! 

 

Video

Demi Lovato-Heart Attack (Official Music Video)

13 Apr

setelah tiga hari launching dan ga bisa diakses ni video di negara kita tercinta, akhirnya para Demi Lovers bisa menyaksikan dan menikmati Heart Attack MV sekarang..
agak telat sih…tapi setidaknya dengan bisa diakses sekarang, rasa penasaran fans-fans Demi di indonesia bisa tersembuhkan,, hihi…
here we go…🙂

TODAY IS AN ANOTHER NIGHTMARE

11 Apr

Ga cukup mimpi buruk gue semalem yang mimpiin ibu fans beratnya Mr. X yg Z marah-marahin aku lewat sms ga jelas, ternyata hari ini (bukan mimpi) niat baek gue berangkat pagi-pagi buat ketemu dosen pembimbing skripsi malah membawa gue ketemu another horrible nightmare😦 so here we go….

sebelumnya tiga hari yang lalu, adek gue keserempet motor, dan benjol di kepalanya lumayan gede. tu orang yg nyerempet pake acara kabur segala lagi:/ dua hari dia tiduran aja di kasur, katanya pusing, kaya’ diputer-puter. paman gue udah ngasih dia obat, dan salep. kata paman gue, itu gpp, biasa kalo abis jatoh gitu…ya wajar. pagi ini dia dah mulai masuk kuliah walau katanya masih pusing.

ok di skip dulu cerita yg ini..lanjut ke awal nightmare gue.

ni pagi-pagi sekitar jam 06.00 gue udah sms dosen pembimbing gue, pak japen buat bikin janji di kampus hari ini. walau belon dibales smsnya, jam 08.00 pagi gue udah siap-siap mandi dan siap meluncur ke kampus jam setengah 9. gue juga sempet sms mba novia buat ketemuan di kampus..kebetulan mba nov juga mau ketemu pak japen buat konsultasi judul skripsinya.

ok, finally gue meluncur…seperti biasa gue nunggu bus jalur 12 yg hampir tiap hari nganter gue ke kampus. kondisi berjalan normal, keadaan bus sepi, cuma ada ibu-ibu yg duduk disebelah kiri depan, kernet, supir, dan gue. gue ngeluarin duit 5 ribuan dari dompet gue buat bayar bus, dan gue mbatin, “nis, ga usah keluarin dompet lu dari tas, ntar ada yg liat terus ilang lho!”  ok, finally ga gue keluarin tu dompet dari tas gue yang posisinya lagi gue pangku. setelah dapet uang kembalian, gue mbatin lagi, “dah uang kembaliannya taro di map lo aja, biar ntar kalo mau pulang naik bus, ga usah ngelluarin dompet lagi.” ok sip, akhirnya gue taro tu duit 2.500 kembalian bus di dalem map skripsi merah gue, dan gue pangku tu map di atas tas gue.

perjalanan sekitar 2-3 menit, dan gerbang kampus udah mulai keliatan, gue tenteng tas gue di pundak kanan gue. ga lama dari itu gue turun dari bus.

karena kerasa laper cz belon sarapan, gue niat buat beli siomay depan kampus. nyebranglah gue buat beli siomay. udah nyampe di abang siomay, ternyata ada ibu-ibu mau beli juga, sambil nunggu tu ibu-ibu selesai dilayani, gue duduk. udah ampir selese tu ibu-ibu, ada mba-mba mau beli juga dan langsung nyerobot abang-abangnya, terus gue mbatin lagi, “duh ga bisa dund mba..gue nyampe duluan di sini hmmm😦 ”

finally gue mau ngeluarin duit dulu buat bayar siomay biar dilayanin duluan. dan apa yang terjadi????? “hah?? dompet gue dimana??? OMG”  gue obrak abrik tu tas takutnya dompet gue yang super duper besar itu (emang beneran gede banget) nyelip di tas. dan ternyata emang bener-bener ga ada….

yang terfikir di benak gue pas saat itu adalah mencari pertolongan siapapun temen gue yg ada di kampus buat nemenin ke terminal Giwangan, tempat pemberhentian bus terakhir. gue telfon mba novia, ga diangkat. gue lari ke EDSA, ga ada orang… gue kacau dan akhirnya nelfon mlathi yg belon ngapa-ngapain di kos, kebetulan mlathi juga kosnya deket kampus, dan dia mau nemenin gue.

gue jalan ke parkiran, dan malah ketemu mba nov, langsunglah gue telfon mlathi lagi dan ga jadi minta anterin ke giwangan, biar ama mba nov aja… gue dan mba nov menuju giwangan..

sebelum masuk gerbang terminal, tepatnya di depan pasar giwangan, gue liat bus yg tadi gue naikin, langsung kami samperin tu bus…

beberapa bapak-bapak, ibu-ibu, dan mas-mas yang lagi asik ngobrol sama kernet bus sempet kebingungan ngeliat gue yang gerasak-gerusuk.

“jalur 12?” kata kernet bus sambil meragain angka dua belas pake tangan.

“ga pak, pak ada dompet ketinggalan ga pak disini? saya baru turun barusan ni”

“wah saya ga tau apa-apa mba”

mas-mas yang ada di deket situ juga jadi ikutan panik dan bantuin nyari dompet gue di dalem bus, masnya ngangkat-ngangkatin jok bus dari depan ampe belakang. dan hasilnya NIHIL😦

“terus kemana dund dompet gue???” gue mbatin.

“ada apa aja mba dalem dompetnya?” kata  salah satu ibu-ibu disitu.

“uangnya sih sedikit bu, gpp lah kalo ilang, tapi ATM nya itu bu..belon KTP dll” ujarku panik.

“langsung diblokir aja ATM nya mba..ATM nya apa?” kata ibu tadi.

“mandiri” kataku, masih panik.

“ooohh kalo mandiri ada tu deket di Kotagede, depan pasar..cepet diblokir aja mba biar ga keambil uangnya…ntar kalo pin nya udah ketauan abis itu.terus lapor ke kantor polisi, bikin surat kehilangan” saran ibu tadi.

“iya bu…makasih ya bu.”

then gue sama mba novia, ngurus ATM ke bank mandiri, terus ke kantor polisi. masalah pemblokiran kartu ATM done, cuma buat bikin surat kehilangan di kantor polisi ini butuh identitas gue, padahal kan udah ludes di dompet semua itu. dan gue harus bikin surat keterangan aktiv kuliah dari kampus, bisa diambil baru hari Sabtu besok. hmmmmmm

ok selesai cerita dompet gue ilang. sekarang menuju jam 02.00 siang.

gue pulang bareng Alin, ntah kenapa abis makan telur pedas tadi, perut gue jadi ga menentu gitu. dan gue pun melaksanakan “panggilan alam” tersebut. dan WHAAAATTT???  berdarah lagi? gue kira gue udah sembuh dari penyakit yang satu ini..hiks…

kata paman gue, gue tu kena Ambeien. (ga keren banget sumpah) dan untuk mencegah terjadinya hal yang lebih parah lagi, akhirnya gue dikasih peraturan:

1. menghindari makanan pedas

2. memperbanyak makan makanan berserat, seperti sayur dan buah

3. merajinkan diri untuk minum susu

4. tidak boleh menahan “panggilan alam”

ya ampuuun…belon kelar urusan skripsi, urusan ga jelasnya hubungan gue ama Mr. X yg Z, dompet ilang, nambah lagi ni satu.. masya Allah…

pukul 05.00 sore

gue udah kerasa laper lagi ni, rasanya ngidam susu gitu. karena ga ada duit, gue sms deh adek gue…

“adya, pulang jam berapa?”

dan jawabannya malah gini..

“t’cha…aku lagi di PKU tadi di ajak temen. dia takut aku kenapa napa jadi dia langsung bawa aku… tadi aku udah di scan, sekarang masih nunggu hasilnya…”

OMG…….keadaan keuangan gue yang memang harus dipress bulan ini plus dompet ilang ternyata ga cukup bikin hari gue jadi horrible gini. tambah lagi harus bayar scan dan tetekbengeknya itu…  grrrrrrrr…… padahal tu benjol doank dan paling juga satu dua hari lagi dah sembuh total😦

ampun deh gue, belon lagi pas gue mau pasang postingan ini, laptop gue ngambek pula..kursornya jalan-jalan sendiri…klik sana klik sini…grrrrr….. 

ga cukup ya mimpi buruk gue semalem??? ada lagi yang mau bikin gue kesel hari ini??? Astaghfirullah….

Video

Selena Gomez COME AND GET IT (Audio)

9 Apr

i really love this song :3 dedicated for you dude (sebelum ditinggal setaon i’ll say it for you) ….
I’ll be sittin’ right here real patient
All day all night I’ll be waitin’ standby
Can’t stop because I love it, hate the way I love you
All day all night maybe I’m addicted for life, no lie.
I’m not too shy to show I love you, I got no regrets.
I love you much to, much to hide you, this love ain’t finished yet. This love ain’t finished yet…
So baby whenever you’re ready… COME AND GET IT

HEY YOU!! MR. X YANG Z COME AND GET IT!!

9 Apr

Selena Gomez

COME AND GET IT lyric

[chorus]
When you’re ready come and get it (x2)
Na na na (x3)

When you’re re-e-e-dy (x2)

When you’re ready come and get it
Na na na (x3)

You ain’t gotta worry it’s an open invitation
I’ll be sittin’ right here real patient
All day all night I’ll be waitin’ standby
Can’t stop because I love it, hate the way I love you
All day all night maybe I’m addicted for life, no lie.
I’m not too shy to show I love you, I got no regrets.
I love you much to, much to hide you, this love ain’t finished yet. This love ain’t finished yet
So baby whenever you’re ready…

[chorus]
When you’re ready come and get it (x2)
Na na na (x3)

When you’re re-e-e-dy (x2)

When you’re ready come and get it
Na na na (x3)

You got the kind of love that I want, let me get that.
And baby once I get it I’m yours no take backs.
I’m gon’ love you for life I ain’t leaving your side
Even if you knock it ain’t no way to stop it
Forever you’re mine baby I’m addicted no lie, no lie
I’m not too shy to show I love you, I got no regrets.
So baby whenever you’re ready…..

[chorus]
When you’re ready come and get it (x2)
Na na na (x3)

When you’re re-e-e-dy (x2)

When you’re ready come and get it
Na na na (x3)

This love will be the death of me, but I know I’ll die happily
I’ll know I’ll know I’ll know
Because you love me so…Yeah!

[chorus]
When you ready come and get it
Na na na (x3)

When you’re re-e-e-dy (x2)

When you’re ready come and get it
Na na na (x3)

Tips Cara Cepat Mengerjakan Skripsi

1 Apr

teruntuk teman-teman yang lagi senasib sepenanggungan sama aku, alias lagi duduk di jenjang semester akhir atau mungkin ada yang melayang tj-shin24.gif #oops berikut tips dan saran berdasarkan pengalaman aku selama ngerjain skripsi tercinta animasi bergerak emoticon lucu… sebelumnya siapkan pulpen dan kertas ya…

diawali dari kesibukan pribadi, mungkin temen-temen juga ada yang merasakan yang namanya “aktif berorganisasi disaat yang ga tepat dan memang ga ada orang lain”…dikondisi seperti itu, temen-temen akan merasakan animasi bergerak emoticon lucu dan animasi bergerak emoticon lucu membagi waktu untuk ngerjain skripsi, waktu untuk rapat, waktu untuk pelaksanaan acara, waktu untuk pekerjaan, waktu untuk nonton, waktu untuk pacaran, waktu untuk makan dan lain sebagainya… terus apa yang harus dilakukan????

oke pertama, tenangkan fikiran anda…cari suasana dimana badan dan fikiran anda bisa relax..relax…relax…..oh iya jangan terlalu relax ntar malah animasi bergerak emoticon lucu hehehe… lalu mulai baca tips-tips di bawah ini..(oh belum mulai ternyata tj-bob7.gif)

  1. kerjakan dengan hati yang tenang. pastikan pekerjaan dan tugas-tugas organisasi anda telah di handle orang lain dengan baik sehingga anda sudah tidak perlu khawatir😀
  2. kerjakanlah skripsi disaat mood anda sedang baik. kalo mood anda sedanng kurang baik atau bahkan buruk, jangan sekali kali dekati skripsi anda… karena akan riskan terkoyak-koyak, terbakar, ataupun hilang file nya tj-bob10.gif
  3. ridho lah dengan apa yang sedang anda kerjakan. alias harus ikhlas tanpa paksaan dan rasa tertekan.
  4. mulailah dengan ucapan “Bismillahirrohmanirrohim” jangan lupa baca do’a ya…
  5. kerjakan skripsi secara kontinu atau berkelanjutan. pengalaman saya ketika malas mengerjakan skripsi, saya break sama skripsi selama kurang lebih dua minggu lamanya. walhasil ide-ide yang dulu sudah saya rencanakan sudah terlupakan. jadi pesen saya kalo mau ninggalin skripsi dalam waktu yg agak lama, catat secara mendetail ide-ide yang akan anda tulis.
  6. terus berdo’a kepada Allah untuk terus diberikan kemudahan dalam mengerjakan skripsi. animasi bergerak emoticon lucu
  7. sering-sering bimbingan. kalo bisa tu kartu bimbingan harus dibawa tiap hari dan kemana pun anda pergi 

yup that’s all kisah saya dan beberapa tips buat temen-temen yang lagi mumet ngerjain skripsi…tetap semangat dan lakukan yang terbaik…

selamat mencoba nka18.gif